Sabtu, 06 Desember 2008

Usaha-usaha (saya) untuk mencapai kualitas ke dua dalam PBM matematika:

Kegiatan pembelajaran mengembangkan kemampuan untuk mengetahui,memahami,melakukan sesuatu,hidup dalam kebersamaan,dan mengaktualisasikan diri.Dengan demikian,kegiatan pembelajaran perlu:(1)berpusat pada peserta didik,(2)mengembangkan kreativitas peserta didik,(3)menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang,(4)bermuatan nilai,etika,estetika,logika,dan kinestetika,dan(5)menyediakan pengalaman yang beragam.(buku 3, materi pelatihan terintegrasi,2004:15).Standar proses pembelajaran matematika sekolah menurut NCTM:pemecahan soal,pemahaman dan bukti,komunikasi,hubungan,penyajian.Dari uraian di atas,menunjukkan bahwa seorang pendidik,khususnya pendidik matematika memerlukan:(1)perubahan paradigma mengajar,(2)kreativitas pendidik melaksanakan pembelajaran,(3)sikap inovatif,(4)bersikap terbuka terhadap perubahan dan perkembangan ilmu dan teknologi.
Usaha-usaha saya untuk dapat mencapai kualitas kedua dalam pembelajaran matematika,berdasarkan pengalaman dan rencana ke depannya diantaranya:(a)membuat RPP yang manggammbarkan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran,(b)memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar dan kondisi siswa,(c)membuat LKS yang didalamnya terangkum semua proses pembelajaran yang membimbing peserta didik untuk dapat menggunakan konsep yang telah mereka pahami untuk mendapatkan/menemukan konsep baru,(d)meningkatkan kemampuan untuk dapat lebih memahami kondisi peserta didik,(e)meningkatkan kemampuan untuk dapat mendokumentasikan perkembangan kemampuan peserta didik,(f)meningkatkan kualitas komunikasi dengan teman sejawat sebagi usaha mencari dan menemukan solusi dalam mengahadapi peserta didik yang cenderung bermasalah,(g) memamfaatkan secara maksimal MGMP matematika untuk mengembangkan kemampuan pembelajaran, dan (h)senantiasa merefleksi setiap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
Selama ini saya baru bisa:(a)menjalin hubungan dengan peserta didik,melalui kuisioner atau dialog lansung di dalam kelas untuk mengetahui kondisi psikologis dan keinginan mereka dalam pembelajaran matematika tanpa pendokumentasian,(b)menciptakan rasa nyaman ketika pembelajaran berlansung dengan memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengungkapkan hasil pemikirannya tanpa memberikan komentar benar atau salah,(c)memcoba membuat LKS,dan(d)memcoba membuat alat peraga sederhana.
Dari pengalaman pembelajaran selama ini,saya baru melihat dan mendapatkan informasi dari beberapa peserta didik,diantaranya:(a)mereka merasa nyaman ketika belajar,dengan alasan tidak merasa tegang ketika belajar(b)adanya peningkatan minat belajar matematika hanya pada beberapa siswa,(c)belum tercapainya kompetensi yang diharapkan,(d)adanya kesenjangan yang relatif tinggi antara siswa yang mampu melakukan pembelajaran dengan siswa yang masih belum dapat mengikuti proses pembelajaran.

Refleksi diri

Diawali dengan semangat mendapatkan pencerahan,di tengah perjalanan kuliah perencanaan pembelajaran matematika sempat mengalami kebingungan,karena ada alur berpikir dosen yang belum nyambung dengan pemikiran saya.Seiring berjalannya waktu,secercah cahaya mulai ku lihat,kini semangat mendapat pencerahan muncul kembali.Setelah mencoba merefleksi diri,ternyata sungguh sangat memilukan.Selama ini saya menjadi seorang pendidik matematika baru sampai lebel luar saja,namun hakekat seorang dari seorang pendidik matematika belumlah sampai.Dengan senantiasa melakukan usaha dan usaha menuju perbaikan semoga hakekat sesungguhnya dari seorang pendidik matematika dapat saya gapai.Semoga...

Kualitas ke dua matematika

Untuk dapat mencapai kualitas ke dua matematika tentunya memerlukan proses yang memadai,diantaranya:adanya perubahan paradigma pada diri seorang pendidik,menambah keilmuan secara kontinu,menggali dan merefleksi setiap pengalaman khususnya dalam bidang pendidikan,meningkatkan kreativitas pembelajaran,senantiasa berinovatif dalam pelaksanaan pembelajaran,berinteraksi secara fleksibel baik dengan rekan sebidang studi maupun dengan rekan seprofesi lainnya.