Selasa, 06 Januari 2009

Perencanaan Pembelajaran Matematika (Refleksi)

Nama : Nunung Nurjanah,S.Pd
No : 08301289010
Asal Sekolah : SMP Negeri 11 kota Sukabumi Jabar
No HP : 085743080274
Perencanaan Pembelajaran Matematika merupakan salah satu mata kuliah yang harus saya ikuti pada program sertifikasi guru dalam jabatan melalui jalur pendidikan.Dalam pikiran saya terlintas bahwa dalam mata kuliah ini,saya akan belajar membuat Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP)yang baik,sehingga ketika selesai program sertifikasi ini saya akan membawa sejumlah RPP dan perangkat pembelajaran lainnya sebagai tanda bukti pada pimpinan sekolah dan rekan-rekan lain di sekolah.
Ternyata apa yang ada dalam pikiran saya tidak terjadi,karena dosen pengampu mata kuliah ini (DR. Marsigit) tidak memberikan bagaimana membuat RPP yang baik atau memberikan contoh-contoh RPP,melainkan membidik pola pikir kami sebagai seorang guru yang relatif memiliki pengalaman yang cukup lama dalam proses pembelajaran.Awalnya saya merasa kebingungan dan kesulitan dalam mencerna perkuliahan perencanaan ini,sulit sekali bagi saya untuk dapat memahami maksud dan tujuan dari setiap pertemuan yang saya jalani,apalagi disetiap pertemuan selalu ada yang unik yang terjadi,sehingga kadang membuat saya merasa tegang,hawatir,berharap,dan semua perasaan bercampur aduk (begitu pula dengan rekan-rekan saya yang lain).
Seiring berjalannya waktu,pada titik tertentu saya mulai merasakan makna dari keunikan perkuliahan ini.Justru disinilah kunci keberadaan saya sesungguhnya.Melalui pencerahan paradigma,saya semakin sadar bahwa selama ini saya melakukan proses pembelajaran masih banyak kekurangan bahkan kekeliruan dan inilah yang harus saya perbaiki,terutama dari sisi kreatifitas dan inovasi pembelajaran yang berakibat pada perencanaan pembelajaran yang hanya basa-basi (istilah dosenku).
Kini perkuliahan perencanaan telah berakhir,ada rasa haru dan bangga mengikuti perkuliahan ini,terharu karena tidak akan lagi bertemu dengan dosen mata kuliah ini yang sangat unik,bangga karena saya mendapat kesempatan berharga mendapatkan ilmu dan pencerahan dari dosen (DR. Marsigit) yang unik.
Kini saya dihadapkan pada realita,tantangan yang akan saya hadapi,perlu kerja keras dan komitmen untuk dapat mengamalkan apa yang selama ini saya dapatkan.Saya harus berusaha dan berusaha secara kontinu untuk dapat mencapai pembelajaran matematika kualitas kedua.Saya pun akan dihadapkan pada kenyataan dimana rekan-rekan di sekolah akan mempertanyakan bagaimana RPP yang baik dan saya harus berusaha untuk dapat menyajikan RPP kualitas kedua.Perlu dukungan dan kerja keras untuk menggapainya.
RPP kualitas kedua walau masih samar tetapi saya harus mencoba dan terus mencoba,Inti RPP kualitas kedua yang saya fahami adalah berpusat pada siswa,benar-benar menunjukkan aktifitas peserta didik selama proses pembelajaran,materi pembelajaran yang jelas dan terurai(sesuai dengan perkembangan psikologis peserta didik),penentuan model pembelajaran (klasikal,kelompok,individual) yang relevan dan inovatif yang mampu mencapai kompetensi (will,attitude,knewledge,skill,experince),penggunaan alat peraga/alat bantu yang tepat sesuai dengan hakekat konsep,dan tidak lupa proses assesment dan refleksi dari setiap kegiatan.

1 komentar:

Iwan Sumantri mengatakan...

Ya seperti itulah mata kuliah perencanaan pembelajaran pak Marsigit, tapi besar lho manfaatnya buktinya kita PKM pakai RPP kualitas kedua!! pokoknya selamat ber PKM RIA bu!!